Jay Abraham - Income-Building Home Study System Package (eBook)

Kamis, 09 Oktober 2008

Games Creativity 2

Telur Tahan Banting

Menentukan prioritas dan pengumpulan pendapat dalam teknis pembuatan alat pelindung telur. Peserta diberikan kebebasan untuk berkreasi, dengan bantuan peralatan yang terbatas, dalam pembuatan alat pelindung telur.

Durasi : 15 – 20 menit
Jumlah Peserta : > 25 orang
Teknis :
a. Fasilitator memberikan soal sebagai berikut :
Saat ini team anda mendapat sebuah tantangan yang hampir mustahil, yaitu membuat alat pelindung bagi sebutir telur yang akan dijatuhkan dari ketinggian yang ditentukan tanpa pecah ataupun retak.

Peralatan yang tersedia bagi kelompok anda yaitu :

1. Kotak kardus @ $ 300 max 1 pcs
2. Kantong plastik @ $ 100 max 3 pcs
3. Telur mentah - Gratis max 1 pcs
4. 15 buah sedotan @ $ 10
5. Tali Rafia 1 set @ $ 500
6. Gunting @ $ 100
7. Kertas Koran @ $ 100 max 5 pcs

Ingat, waktu yang tersedia sangat terbatas, begitu pula dengan dana yang ada. Buat segalanya tepat, cepat, tetapi tetap hebat...!!!

Spesifikasi Eksperimen :

1. Telur akan dijatuhkan oleh fasilitator di tempat yang telah ditentukan (1 tempat saja).
2. Hanya diperbolehkan menggunakan peralatan yang ada di atas saja. Segala pelanggaran dengan menggunakan peralatan dari luar dianggap gagal!
3. Alat pelindung telur harus berfungsi secara mekanis dengan baik.

b. Fasilitator memberikan batasan waktu di dalam pengerjaan tugas.
c. Pemenang dapat ditentukan dari telur yang tidak pecah dan penggunaan bahan yang paling murah.

Nilai yang terkandung :
a. Memecahkan persoalan secara bersama-sama dengan menggunakan kreativitas dan ketekunan. Peserta mempunyai satu common goal yang harus dicapai, yaitu telur tidak pecah dan budget pembuatan alat adalah seminimum mungkin. Di sini peserta diarahkan untuk menggunakan kreativitasnya dalam membuat alat tersebut. Beragam ide / solusi untuk mencapai suatu tujuan. Di sini, ketua kelompok / ketua regu dituntut untuk bisa mengakomodir ide-ide / solusi-solusi tersebut agar mencapai target yang ditetapkan. Mengakomodir berarti mengoptimalkan penggunaan ide / solusi yang bagus dan menyempurnakan atau mengembangkan ide / solusi yang kurang.

b. Peserta pelatihan dilatih agar mau dan mampu untuk mengeluarkan ide-idenya tanpa takut merasa salah. Situasi dan suasana pelatihan yang kondusif dan rileks, membuat peserta belajar untuk berani mengemukakan pendapatnya dan mengambil keputusan tanpa rasa takut / was-was dimarahi atasan. Teknik ini dikenal dengan nama ”teknik brainstorming”.

Games tersebut terdapat di Buku BEST SELLER Koleksi Games Seru : untuk Ice Breaker, Team Work, Leadership, Creativity, & High Ropes (PERTAMA di Indonesia yang dilengkapi dengan VCD Panduan) yang tersedia di GRAMEDIA atau Toko Buku Terkemuka di kota Bapak/Ibu atau lewat Penerbit di blog http://www.puteralengkong.com.

Jika ada yang ketinggalan mendapatkan games-games pelatihan yang telah dibagikan sebelumnya di milist, dapat mengakses langsung ke personal blog saya di http://puteralengkong.blogspot.com.

4S - Salam Super Sukses Selalu!
Yayasan PAKIS
Jl Bungur No 15 Kebayoran Lama Jakarta 12240
Telp/Fax 021-7260844

Read More..

Selasa, 07 Oktober 2008

Games Creativity 1

Menembus Kertas. Magic or Real?

Mengajak peserta untuk membuka wawasan berpikir sehingga lebih mudah dalam menerima dan menemukan ide-ide baru. Sikap terpenting yang harus terbentuk adalah sikap dan mental yang positif (mau menerima ide / masukan / pendapat orang lain).

Durasi : 10 – 15 menit
Peralatan : Kertas sesuai jumlah peserta
Jumlah Peserta : > 25 orang
Teknis :
a. Fasilitator membagikan selembar kertas HVS F4 kepada masing-masing peserta.
b. Fasilitator meminta peserta untuk membuat selembar kertas tersebut menembus diri peserta dari atas kepala hingga ke bawah kaki.
c. Syarat :
(i) Terserah bagaimana caranya (kertas tersebut dibolongin, dirobek, dilipat, dsbnya) tetapi hasil akhir dari kertas tersebut harus tetap ada bagian yang saling tersambung.
(ii) Sambungan tersebut tidak boleh menggunakan alat bantu, misal : selotip, stapler, dlsbnya.
d. Pemenangnya adalah peserta / kelompok yang bisa menemukan caranya terlebih dahulu ataupun konsep pemikiran peserta / kelompok yang paling mendekati jawaban yang diminta.

Nilai yang terkandung :
a. Biasanya respon peserta bermacam-macam : ada yang mengatakan tidak mungkin, ada yang menawar syarat / ketentuan yang diberikan, ada yang mengerjakan sekali saja terus berhenti (karena tidak menemukan caranya), ada yang pasif, ada yang aktif bahkan mencoba sampai berulang kali (meminta beberapa lembar kertas), dsbnya. Fasilitator harus mampu untuk mengarahkan dan memberikan petunjuk secara bertahap sehingga peserta mulai bisa memahami konsepnya. Menemukan sendiri caranya merupakan suatu tantangan dan kebanggaan tersendiri dibandingkan mengetahui karena diberitahukan oleh Fasilitator. Simulasi ini memberikan tantangan sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri ketika bisa menyelesaikan persoalan yang diberikan.

b. Sikap dan mental terbuka (mau mendengarkan kritik / saran / ide) orang lain merupakan sebuah sikap yang harus terbentuk selama proses pelatihan ini. Dengan demikian, kita akan lebih mudah menerima dan menemukan ide-ide baru.

c. Solusinya adalah sebagai berikut : (Lihat GAMBAR / VIDEO KLIP)

Games tersebut terdapat di Buku BEST SELLER Koleksi Games Seru : untuk Ice Breaker, Team Work, Leadership, Creativity, & High Ropes (PERTAMA di Indonesia yang dilengkapi dengan VCD Panduan) yang tersedia di GRAMEDIA atau Toko Buku Terkemuka di kota Bapak/Ibu atau lewat Penerbit di blog http://www.puteralengkong.com

4S - Salam Super Sukses Selalu!
Yayasan PAKIS
Jl Bungur No 15 Kebayoran Lama Jakarta 12240
Telp/Fax 021-7260844

Read More..