Kamis, 28 Agustus 2008

Games Ice Breaker 2


Note : Dengarkan Talkshow Bedah Buku Laris Buku Laris Koleksi Games Seru : untuk Ice Breaker, Team Work, Leadership, Creativity, & High Ropes (PERTAMA di Indonesia yang dilengkapi dengan VCD Panduan) di Radio DFM Jakarta 103.4 pada hari Minggu tgl 31 Agustus 2008 pk 14.30.


Di Mana Tempat Duduk Saya?

Permainan ini dilakukan untuk membuat peserta training melakukan aktifitas gerak atau peregangan otot-otot atau untuk mencairkan suasana yang tegang. Dengan bergerak, aliran darah menjadi lebih lancar; kelenjar getah bening menjadi lebih aktif memproduksi zat-zat yang menyaring racun, virus, bakteri; dan membuat peserta menjadi lebih bergairah dan bersemangat dalam menerima pengalaman baru.

Durasi : 5 menit (bisa dilakukan di sela-sela acara pelatihan)
Peralatan : Satu buah Bel / Lonceng kecil, Kursi sejumlah peserta
Jumlah Peserta : > 25 orang
Teknis :
a. Fasilitator menyiapkan sebuah bel atau lonceng kecil.
b. Fasilitator mengumumkan kepada peserta untuk melakukan aktifitas yang diinstruksikan. Bagi yang tidak melakukan akan diberikan hukuman misalkan didenda Rp 1.000,- per sekali hukuman yang nantinya uang tersebut akan dipakai untuk makan-makan bersama atau kegiatan lainnya yang disepakati bersama setelah acara pelatihan selesai.
c. Instruksinya adalah begitu bel atau lonceng berbunyi maka peserta harus berpindah tempat duduk.
d. Biasanya ketika berpindah tempat duduk, peserta akan memilih untuk berpindah ke tempat duduk yang ada di hadapannya (jika forum diatur dalam bentuk U). Untuk forum yang diatur seperti di dalam kelas (kursi berderet menghadap ke guru) maka biasanya mereka akan berpindah ke samping kiri atau kanannya.
e. Untuk forum dengan bentuk U, maka fasilitator bisa menambahkan input bahwa cara yang efektif untuk berpindah tempat adalah dengan berpindah ke kursi di sebelah kiri atau kanannya.

Nilai yang terkandung :
a. Peserta diajarkan untuk lebih peka terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya. Terkadang saking sibuknya, kita semua hanya semata-mata mengejar harta atau kekayaan yang ada di depan mata kita (kacamata kuda) tanpa meluangkan waktu untuk bersosialisasi dan mengenal lingkungannya. Seperti sifat manusia, hanya melihat yang ada di depannya maka dalam permainan ini, kita diingatkan untuk juga melihat kepada rekan-rekan peserta yang ada di sebelah kiri dan kanan kita.

b. Dengan bergerak dan melakukan aktifitas bersama-sama, maka peserta dapat lebih mengakrabkan diri untuk mengenal peserta training lainnya. Hal ini penting! Mengapa? Pertama, karena peserta yang mengikuti training tersebut mempunyai kemiripan ‘hobi’ dengan kita (mengikuti tema seminar atau pelatihan yang sama) sehingga bisa memperluas jaringan koneksi kita. Kedua, karena mereka adalah orang-orang yang mungkin kelak di kemudian waktu bisa membantu kita (bekerja sama atau menawarkan kesempatan bisnis) karena kemiripan ‘hobi’ tadi tersebut.

Games tersebut terdapat di Buku Laris Koleksi Games Seru : untuk Ice Breaker, Team Work, Leadership, Creativity, & High Ropes (PERTAMA di Indonesia yang dilengkapi dengan VCD Panduan) yang tersedia di Toko Buku Terkemuka di kota Bapak/Ibu atau lewat Penerbit di blog http://www.puteralengkong.com

4S - Salam Super Sukses Selalu!
Yayasan PAKIS
Jl Bungur No 15 Kebayoran Lama Jakarta 12240
Telp/Fax 021-7260844

Tidak ada komentar: