Rabu, 15 Oktober 2008

Games High Ropes


Menggunakan elemen ketinggian sebagai salah satu alat / komponen utama di dalam simulasi. Hampir semua orang memiliki rasa takut terutama pada ketinggian. Ini yang akan kita gunakan sebagai “Tantangan” untuk peserta.

Alat yang akan digunakan :
Kebanyakan alat yang digunakan pada simulasi ini bukanlah suatu hal yang asing bagi para Pendaki, Speolog, dan Pemanjat Tebing. Peralatan tersebut adalah :

Tali
Ada beberapa jenis antara lain Cermantel (1. Statis 2. Dinamis) & Hawser Laid. Yang biasa di pergunakan adalah dari jenis Cermantel karena lebih terjamin secara safety procedure-nya. Hati-hati dalam pemilihan tali. Tidak disarankan menggunakan Tali Cord (tali layer kapal). Tali layar ini cukup kuat namun tidak dapat dipertanggungjawabkan dari segi safety-nya. Tali model ini walaupun secara bentuk sepintas mirip dengan tali Cermantel untuk panjat tebing namun untuk daya tahan terhadap beban tiba-tiba / shock sangat terbatas bila dibandingkan dengan Cernmantel Statis ataupun Dinamis.

Kabel / Sling
Yaitu tali baja, biasanya terbuat dari serat baja (kawat) yang dijalin seperti tali Hawser Laid. Banyak operator Pelatihan dan Penyedia areal pelatihan yang menggunakan Kabel ini, karena sangat kuat dan tahan lama sehingga awet untuk digunakan. Kabel ini harus sering-sering dilakukan pengecekan berkala karena apabila ada kawat yang telah aus atau “Mbrudul” maka harus segera diganti karena dapat membahayakan peserta. Ingat kabel ini sifatnya tajam dan apabila putus dalam keadaan diberi tensi / tegangan yang cukup maka dapat menyabet (Mbabit) anggota tubuh peserta ataupun orang yang berada di sekitar area.

Pulley / Roda Kerek
Yaitu alat untuk meluncur. Biasanya digunakan pada simulasi Flying Fox (Meluncur Turun) atau dapat juga digunakan untuk pengaman atau anchor (Jangkar) pada simulasi Trapeeze atau Pumper Pole Jump. Pulley dapat digolongkan secara utama menjadi 2 macam :
1. Pulley Tali – Biasanya terbuat dari aluminium
2. Pulley Kabel/Sling – Biasanya terbuat dari baja
Hati-hati dalam penggunaan pulley. Yang sering terjadi adalah pulley yang terbakar karena terlalu panas akibat friksi / gesekan. Hindari penggunaan pulley yang tidak pada tempatnya, misal : pulley tali untuk baja dan sebaliknya. Untuk pulley tali, perhatikan apakah untuk manusia atau hanya digunakan untuk barang saja (biasanya pulley transport ini lebih lemah).

Carabiner
Carabiner atau biasa diistilahkan sebagai cincin kait. Banyak sekali kegunaan dari cincin kait ini, mulai dari Anchor (Jangkar) pengaman sampai dengan media simulasi / permainan.

Webbing / Tali Pipih
Webbing digunakan dalam simulasi, utamanya sebagai anchor, tambatan namun dapat juga digunakan sebagai Tali Tubuh (Harness) dan media simulasi lain.

Helmet
Pelindung kepala. Pergunakan sesuai dengan kebutuhan anda! Jangan yang terlalu berat, juga jangan yang ringan namun mudah pecah. Selalu pastikan helm peserta telah terpasang dengan baik dan tidak akan lepas sewaktu peserta melakukan simulasi. Boleh ditambahkan pelindung siku, lutut apabila di perlukan.

Harness / Tali Tubuh
Yaitu tali atau alat yang digunakan untuk menghubungkan tubuh melalui media carabiner dan alat lain ke tali atau kabel. Ada 2 jenis Harness, yaitu :
1. Sit Harness (hanya di pinggang dan paha saja)
2. Full Body Harness (sampai dengan ke badan, mirip dengan yang digunakan oleh penerjun payung).

Jumar / Jammer
Yaitu alat untuk mengunci tali biasanya digunakan untuk naik di dalam gua atau tebing. Untuk installasi alat biasanya digunakan dalam pemasangan tali.

Trekker
Yaitu alat semacam Derek Mobil yang kegunaannya adalah untuk menarik tali agar tali tegang sewaktu terpasang.

Simulasi High Ropes :
1. Rapelling / Abseiling
2. Flying Fox
3. Two lines Bridge
4. Balance Beam

Games tersebut terdapat di Buku BEST SELLER Koleksi Games Seru : untuk Ice Breaker, Team Work, Leadership, Creativity, & High Ropes (PERTAMA di Indonesia yang dilengkapi dengan VCD Panduan) yang tersedia di GRAMEDIA atau Toko Buku Terkemuka di kota Bapak/Ibu atau lewat Penerbit di http://www.puteralengkong.com.

Jika ada yang ketinggalan mendapatkan games-games pelatihan yang telah dibagikan sebelumnya di milist, dapat mengakses langsung ke personal blog saya di http://puteralengkong.blogspot.com.

4S - Salam Super Sukses Selalu!
Yayasan PAKIS
Jl Bungur No 15 Kebayoran Lama Jakarta 12240
Telp/Fax 021-7260844

Tidak ada komentar: