Sabtu, 30 Juni 2007

Hari Kelima - 7 Area Keseimbangan Hidup


Hari Kelima
KEUANGAN


Bukan seberapa banyak uang yang kita hasilkan tetapi seberapa bijak kita mengontrol dan menangani uang kita.

Contoh:
Mike Tyson, seumur hidupnya dia membuat uang USD 312 Juta atau senilai 2,808 milyar rupiah (1 USD = IDR 9,000). Ternyata pada umur 40 tahun, Mike Tyson sudah dinyatakan bangkrut dan masih mempunyai hutang USD 35 Juta atau 315 milyar rupiah karena gaya hidup, mental, mindset, tingkah laku, dan kebiasaan nya.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola uang Anda secara lebih bijak:

1. Perlakukanlah uang Anda dengan bijaksana dan investasikanlah untuk membuatnya berkembang.

a. Investasi yang aman ciri-cirinya: bunga/ yield di bawah 15% per tahun dengan tingkat keberhasilan sekitar 95%.
Minimal 10% dari penghasilan Anda disisihkan ke dalam investasi ini. Jangan pernah menggunakan alokasi dana dalam investasi aman kecuali ketika bunga/ hasilnya sudah cukup untuk membiayai gaya hidup Anda. Jika dana cadangan habis, lebih baik berhutang karena akan lebih termotivasi untuk mengembalikan.

b. Investasi yang tumbuh ciri-cirinya: bunga/ yield 15-100% per tahun dengan tingkat keberhasilan sekitar 50% – 95%.

2. Sisihkan minimal 20% untuk cadangan 6 bulan biaya hidup atau untuk membayar hutang (bila ada) atau diinvestasikan dalam investasi yang tumbuh.

3. Rencanakan dengan bijaksana pemanfaatan maksimal 70% dari sisa gaji bulanan anda.

Menurut Pak Tung dalam bukunya Financial Revolution, orang-orang yang mampu menunda kesenangan ternyata mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah, menjadi karyawan yang lebih baik, bahkan menjadi pengusaha yang lebih sukses dibanding teman-teman mereka yang tidak mampu menunda kesenangan.

4. Persiapkan laporan penggunaan uang anda per-bulan.

Buatlah laporan kas sederhana sehingga Anda dapat memonitor alur cash flow penghasilan dan pengeluaran Anda, pos mana yang masih bisa diperketat atau dikurangi atau ditunda kesenangannya, pos mana yang bisa ditambah, dan lain sebagainya. Karena pengalaman pribadi saya sewaktu belum membuat laporan kas ini, saya tidak mengetahui ke mana larinya penghasilan saya. Ternyata setelah ditelusuri dengan meningkatnya penghasilan, meningkat pula gaya hidup konsumtif saya.

Setelah menerapkan pembuatan laporan penggunaan bulanan dan menunda kesenangan, perlahan-lahan saya mulai bisa secara bijak mengatur penggunaan penghasilan saya. Beri penghargaan, pergi bersenang-senang, habiskan sejumlah rupiah jika setelah 3 bulan Anda mampu mengatur alokasi aset (diambil dari yang maksimal 70% bisa Anda habiskan).

5. Tetapkan sasaran/ target keuangan anda secara realistik dan spesifik.

Tanyakan pertanyaan tersebut kepada diri Anda : Seberapa cepat Anda mau merdeka secara financial : 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun? Seberapa banyak yang mau Anda sisihkan setiap bulan ke dalam investasi aman atau bertumbuh?

Target ini harus jelas! Seperti ketika seseorang ingin bangun sepagi mungkin. Pertanyaannya sepagi mungkin itu jam berapa? Jam 7 kah? Jam 8 kah? Jam 9 kah? Atau jam 4 kah? Jam 5 kah? Jam 6 kah? Suka-suka! Demikian pula dengan sasaran keuangan Anda harus jelas, jika tidak sasaran tersebut tidak akan dapat tercapai secara penuh.

Salam sukses untuk Anda!

2 komentar:

Sisca mengatakan...

Artikel yang sangat bagus mas..
Kalau mau submit sebagai reader klik dimana ya..?

Putera Lengkong mengatakan...

Terima Kasih Sisca! Kalau mau subscribe, isikan saja e-mail Sisca di E-MAIL NOTIFICATION box di side bar sebelah kiri. Setelah itu akan ada pemberitahuan dari Feed Blitz utk pengaktifkan di e-mail Sisca. Tinggal klik link nya untuk mengaktifkan. Setelah itu Sisca akan mendapatkan update setiap kali saya posting artikel. Salam sukses dan salam kenal!