Senin, 10 September 2007

Unleash The Hidden Power Of Your Mind

Sampai dengan empat bulan yang lalu, saya menggunakan internet hanya untuk keperluan browsing artikel, mencari informasi, dan mendownload video atau musik.

Saya tidak mempunyai pemikiran bahwa saya bisa menghasilkan uang (passive income) lewat internet. Mengapa saya katakan passive income? Karena dengan program/ software yang ada, saya bisa membuat segalanya ter-otomasi. Bahkan ketika saya lelap tertidur, passive income tersebut tetap mengalir. Ini yang oleh Robert T Kiyosaki dikatakan bahwa uang yang bekerja untuk kita.

Dua pemikiran di atas, sangatlah bertolak belakang. Di satu sisi, saya adalah pengguna pasif dari Internet (browsing, searching, dan downloading). Di sisi lain, saya berperan sebagai pengguna aktif. Artinya, saya juga bisa menggunakan sarana Internet untuk menghasilkan passive income buat saya.

Saya masih teringat hari tersebut di bulan April 2007, saya menghadiri Global Internet Summit di Jakarta. Saat itu, pertama kalinya saya diperkenalkan akan dunia Internet Marketing. Ketika itu, saya begitu bersemangatnya akan ilmu pengetahuan baru yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Acara yang berlangsung selama 3 hari 2 malam, tidak menyurutkan niat saya untuk mengikuti dengan penuh semangat dan disiplin waktu.

Pembicaranya dari berbagai penjuru dunia. Dari Amerika, dari Australia, bahkan dari negeri tetangga : Malaysia dan Singapura juga ada. Usianya pun masih muda-muda sekitar 30-an. Ini semakin memacu semangat saya : mereka bisa, kenapa saya tidak bisa?

Tetapi tunggu dulu! Tidak ada yang gratis di dunia ini. Anda setuju dengan saya? Ada 2 cara untuk belajar. Ya, hanya ada 2!

Pertama, belajar cara cepat. Yaitu dengan belajar dari ahli atau pakar di bidangnya. Atau paling tidak belajar dari mereka yang sudah tahu akan hal tersebut (sudah belajar dan sudah mengalami). Biasanya untuk belajar dari sumber ini, kita harus mengeluarkan biaya belajar (fee) yang tidak sedikit jumlahnya. Karena mereka akan men-transfer ilmu dan keterampilan yang mereka punyai, di mana mereka juga telah menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang mereka sebelumnya. Cara belajar ini akan ‘lebih’ memaksa kita untuk fokus (ada mentor) dan mempunyai komitmen karena kita sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit

Kedua, belajar cara lambat (trial-error). Yaitu, kita belajar sendiri (otodidak). Siapa bilang yang ini GRATIS? Tidak juga, karena kita juga menginvestasikan waktu kita, tenaga kita, komitmen kita, dan ‘sedikit’ dari uang kita yang seharusnya bisa kita gunakan untuk hal-hal lebih berguna lainnya. Cara ini memerlukan biaya yang relatif lebih murah (tapi tetap ada biaya : beli buku, beli cd, dll) tetapi tergantung kepada komitmen kita. Terkadang karena tidak ada investasi dan mentor, lama-kelamaan komitmen kita akan berkurang dan akhirnya lupa akan tujuan awal kita.

Jadi cara manapun untuk belajar, semuanya tetap ada harga yang harus dibayar. Kira-kira, Anda akan memilih cara belajar yang mana jika cara pertama Anda harus investasi sekitar USD 600 + dan bisa bertambah atau cara kedua Anda harus investasi sekitar USD 50 (beli material, buku, CD, langganan internet, dll) dan waktu Anda yang priceless?

Kalau saya, saya memilih belajar yang berkualitas (setaraf dengan pakar atau ahli internasional) tapi dengan biaya yang relatif lebih murah (biaya dalam negeri alias ‘rupiah’). Boleh dong?! :)

Pertanyaannya : Ada engga yang seperti itu? Jawaban saya : ADA!

Setelah selesai acara GIS, saya mulai search di Internet untuk menemukan kira-kira ada engga ya orang Indonesia, tinggal di Indonesia, bisa bahasa Indonesia yang punya kualitas seperti pembicara tersebut (kualitas luar negeri) tapi dengan biaya lokal. Hehe…

Saya ketemu dengan yang namanya Anne Ahira. Jangan dikira dia orang Jepang. Dia adalah seorang wanita muda yang bertempat tinggal di Bandung - Jawa Barat dan ternyata dia sudah terkenal di dunia internasional karena pengetahuan dan keahliannya di bidang Internet Marketing.

Ini adalah salah satu bukti bahwa jika kita sangat…sangat… menginginkan sesuatu dan kita fokus dan berusaha, maka kita akan menarik hal tersebut datang kepada kita. Ya, Anne Ahira adalah sesuatu yang saya tarik dari pikiran saya untuk belajar tentang Internet Marketing.

Dia mendirikan Asian Brain - sebuah learning center berbahasa Indonesia di tahun 2005. Dan ini adalah salah satu di antara sekian banyak sistem terotomasi Anne Ahira untuk menghasilkan passive income.

Anda bisa browse ke Asian Brain website untuk mengetahui lebih jauh tentang apa yang saya ceritakan di atas. Saya tidak akan membahas ini terlalu jauh karena Anda bisa menemukan sendiri di web.

Saya akan membahas lebih jauh tentang personality dan mindset dari Anne Ahira. Dari apa yang saya pelajari dan amati, Anne Ahira adalah satu sosok wanita yang punya determinasi tinggi untuk sukses. Apa yang orang lain bisa lakukan, dia berpikir bahwa dia juga pasti bisa untuk melakukannya. Bahkan pada awalnya, dia tidak tahu cara untuk mengirim e-mail :)

Tapi tetap saja segala keterbatasan tersebut tidak menjadi halangan dan kendala untuk mencapai apa yang menjadi cita-citanya. Bagi orang yang mempunyai success mindset dan strong determination, mencapai cita-cita tersebut hanya tinggal masalah waktu. Tidak ada kekayaan dan kesuksesan yang datang begitu saja seperti uang tiba-tiba tumbuh di pohon. Tentu saja kita harus menanam terlebih dahulu, kita harus menyirami, memberi pupuk, membersihkan dari rumput liar, kemudian baru tiba saatnya panen (itupun tidak selalu berhasil panen – ada waktu jeda). Tapi begitulah hukum alam bekerja!

Inilah contoh dari seorang Anne Ahira kepada kita. Apa yang ada dalam pikiran kita : entah “bisa” atau “tidak bisa” kedua-duanya adalah benar! Jika kita berpikir kita bisa maka pasti kita bisa! Sebaliknya, jika kita berpikir kita tidak bisa maka pasti kita tidak bisa! Fair enough… Anda yang memutuskan!

Saya telah bergabung di Asian Brain selama kurang lebih 3 bulan dan saya telah belajar banyak. Tetapi sekali lagi, apa yang telah saya pelajari kembali lagi kepada saya untuk sukses atau gagal. Begitu banyak pengetahuan yang saya dapatkan tetapi jika tidak saya praktekkan maka itu sama saja dengan bohong. Jangan pernah mengharapkan keberuntungan datang jika Anda tidak pernah mengambil tindakan!

Yang terakhir, pesan dari saya jika Anda ingin berhasil dalam bidang apapun (bukan hanya di industri Internet Marketing) :

1. Fokus dan bayangkan hal tersebut sudah menjadi kenyataan!
2. Praktekkan apa yang sudah Anda pelajari! Implementasikan!
3. Percaya bahwa Anda bisa melakukannya!
4. Lakukan terus-menerus dengan konsisten dan punya faith bahwa ini akan berhasil!
5. Berdoa!

Sekian and Best of lucks to you! See you at top,


Putera Lengkong
Internet Marketer
http://puteralengkong.blogspot.com
http://www.puteralengkong.com

Tidak ada komentar: