Kamis, 04 Maret 2010

Oleh-oleh dari JGSPS: The Most Powerful Rules in Management & Proven Techniques To Build Successful Teams


Hari Rabu tgl 24 Februari 2010 yang lalu, James Gwee mengadakan Seminar Power Series dengan topik "The Most Powerful Rules in Management & Proven Techniques To Build Successful Teams".

Peserta mencapai sekitar 450-500 orang dan sambutan serta ANTUSIAS peserta LUAR BIASA mengikuti seminar hingga akhir.

Salah satu poin yang dibahas adalah mengenai IDENTITAS tim: mengapa perlu IDENTITAS?

Saya memFORMULASIkan dengan MAP (persepsi) saya sendiri sebagai berikut:

Apa yang membedakan tim satu dengan tim lainnya? Apa yang mengikat para anggota tim untuk bersama-sama berjuang mencapai tujuan tim?

Ya! Yang membedakan sebuah tim dengan tim lainnya serta yang mengikat para anggota tim adalah identitas. Identitas bisa berupa logo, yel-yel, slogan, lagu, visi dan misi, dan lain sebagainya.

Yang mengikat dan menyatukan kita sebagai sebuah bangsa adalah bendera Merah Putih dan lambang Burung Garuda. Apa yang terjadi ketika ada yang menginjak dan membakar bendera kita? Bagaimana reaksi kita? Tentu saja MARAH! Padahal itu hanya sebuah kain. Ya, karena itulah identitas kita sebagai sebuah bangsa! Harga diri kita!

Demikian pula ketika tim Thomas dan Uber bertanding di luar negeri, apa yang menyatukan orang-orang Indonesia yang berada di luar negeri? Ya, bendera Merah Putih yang dikibarkan di stadiun atau lapangan!

Implikasi untuk tim kita, apa yang mengikat sesama anggota tim sehingga sama-sama mau berjuang untuk mencapai tujuan bersama? Ada yang mempunyai slogan: Luar Biasa!Fantastik!Yes!Yes!Yes!, ada yang mempunyai visi: Strive for Excellence, ada yang mempunyai lagu ’kebangsaan’ tim, dan lain sebagainya.

Karena ketika sebuah tim tidak mempunyai sesuatu yang bisa mengikat mereka secara emosional maka para anggota tim tidak akan merasa tim tersebut sebagai rumah mereka, tempat mereka berlabuh, tempat mereka menambatkan hidup, dan berjuang setiap hari.

Saya membiasakan para Sales saya ketika membuka dan menutup briefing pagi melakukan yel-yel ’kebangsaan’ perusahaan kami. Ini membantu untuk mengingatkan akan suatu identitas yang mengikat kami sebagai sebuah tim dan meningkatkan semangat juang.

Sebagai seorang penganut Kristiani, saya bersama istri mempunyai tanda salib sebagai suatu identitas yang mengikat kami sebagai umat Katolik. Rekan-rekan muslim mungkin melaksanakan sholat Jumat dan merayakan Idul Fitri sebagai identitas yang mengikat dengan rekan-rekan lain yang beragama Islam.

Ciptakan identitas anda yang unik! Yang membedakan anda dari kompetitor anda! Yang mengikat dan membangkitkan emosi sebagai sebuah tim!

Bagi anda yang belum mempunyai identitas untuk tim anda, silahkan buat sekarang juga untuk mengikat dan memotivasi setiap dari anggota tim anda.

Bagi rekan-rekan yang ingin memperDALAM materi ini, Budget Training (diakreditasi oleh James Gwee) mengHADIRkan Seminar 3 jam "Create a SUPER Team for Better Result" untuk memBAHAS poin-poin yang berKAITan dengan:
• 4 Profil Tim Pemenang
• 4 Karakter Dasar Manusia: Kekuatan dan Kelemahan, Komposisi sebuah tim yang IDEAL
• 4 Tahapan Membangun Sebuah Tim Pemenang: Evaluasioner
• Tips Praktis Memimpin dan Meng-coach Sebuah Tim Pemenang

Untuk INFORMASI lebih lanjut, silahkan mengHUBUNGI Fitri dan Mei di 021 5292 1223.

Tidak ada komentar: